Djarot: "Ngapain" Ibu Kota Negara Dipindah?

Berita Pak Ahok - Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengkritik gagasan perpindahan Ibu Kota Republik Indonesia.


Djarot: "Ngapain" Ibu Kota Negara Dipindah?

Djarot menyebutkan perpindahan ibu kota bukanlah masalah yang sederhana. 

"Mengubahkan ibu kota tidak mudah, bukanlah hal yang sederhana," tutur Djarot, di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan. 

Djarot memiliki pendapat baiknya DKI Jakarta dibenahi supaya lebih layak jadi ibu kota daripada mengubahkan Ibu Kota RI ke daerah beda. 

Menurut Djarot, banyak masalah di Jakarta, salah satunya problem kemacetan jalan raya yg tidak kunjung teratasi. 

Tetapi, kata Djarot, Pemerintah Propinsi DKI Jakarta selalu berusaha kurangi kemacetan itu. Umpamanya dengan mengatur transportasi umum di Jakarta serta mempersiapkan electronic road pricing (ERP) untuk kurangi kepadatan kendaraan di Jakarta. 

"Yang ke-3, integrasi antar-sistem transportasi dikerjakan, itu kan perintah Presiden, baik itu pada commuter line, Transjakarta, LRT (light rail transit), MRT (mass rapid transit)," tutur Djarot. 

Djarot menyebutkan integrasi transportasi bahkan juga dikerjakan hingga ke daerah penyangga. 

"Saya fikir bila kita berkelanjutan begini, jadi menurut saya, ngapain ibu kota negara dipindah?" tutur Djarot. 

Pemerintah pusat membahas gagasan perpindahan Ibu Kota RI dari Jakarta ke daerah beda. Perpindahan pusat administrasi pemerintahan ditargetkan mulai. 

Djarot pernah mengemukakan keraguannya pada wacana perpindahan ibu kota pada Presiden RI Joko Widodo saat berjumpa dalam acara Lebaran Betawi.
(Berita Pak Ahok)

0 Response to "Djarot: "Ngapain" Ibu Kota Negara Dipindah?"

Post a Comment