Oops.. Obama Singgung Masalah Toleransi Yang Ada Di Indonesia

Berita Pak Ahok - Presiden Amerika Serikat ke-44 Barack Obama memberi pidato pembuka dihadapan beberapa ribu diaspora Indonesia. Pidato Obama berisikan seruan toleransi di dalam keberagaman. 


Oops.. Obama Singgung Masalah Toleransi Yang Ada Di Indonesia

"Bhinneka Tunggal Ika, sama dengan moto Amerika Serikat Diversity in one. Itu harus selalu kita jaga serta lestarikan," seru Obama di The Kasablanka, Jakarta Selatan. 


Mantan Presiden AS ini menjelaskan dia terlahir dari keluarga yang begitu menghormati perbedaan. Dia cerita tentang bapak tirinya yang yaitu seorang warga Indonesia. 

Dalam ceritanya, Obama menyerukan sang bapak beragama Islam, namun masih tetap menghormati orang, tidak perduli suku, ras serta agamanya. 

"Bapak tiri saya Muslim, tetapi dia menghormati orang Hindu, Budha, Kristen serta yang lain. Saya banyak belajar dari dia," cerita Obama yang segera disambut riuh tepuk tangan. 

Obama menceritakan, banyak belajar dari bapak tirinya, Loro Soetoro. Cerita perihal saling menghormati serta menghormati perbedaan menjadi pelajaran bernilai baginya sejak mulai kecil. 

Walau tidak lagi menjabat sebagai presiden, Obama rupanya masih tetap memperhatikan kondisi dunia, termasuk juga di Indonesia. Karena itu dia menjelaskan semangat toleransi pada semua masyarakat Indonesia, termasuk juga diasporanya. 

"Ada penambahan penolakan pada grup minoritas, diskriminasi etnis serta agama. Kita mesti tetaplah menyatu supaya tidak berlangsung perpecahan," paparnya. 

"Saya baru pulang liburan dari Yogyakarta, kota yang indah serta tenang. Serta saat lihat Candi Borobudur yang merupakan candi Budha dan Candi Prambanan milik Hindu, serta dijaga oleh beberapa orang beragama Islam, tentunya semangat Indonesia yaitu toleransi," papar Obama. 

Menurut Obama semangat Indonesia ini mesti disebarkan ke seluruh dunia serta mesti ditiru orang-orang internasional. Dia juga menyarankan anak muda untuk mengambil semangat persatuan ini serta membawa ke mana juga mereka pergi. 

Obama juga mengajak beberapa diaspora untuk memerangi nilai pemecah semangat toleransi. "Kita mesti berjuang melawan nilai yang bisa memecahkan toleransi. Serta hal semacam itu bagian paling penting untuk hari esok Indonesia," sambung dia. 

Untuk dia, orang yg tidak memberikan sikap menghormati serta toleransi juga akan berefek perang dan perseteruan. Cepat atau lambat, papar Obama, hal itu juga akan menghancurkan bangsa. 

"Hal itu bisa dikarenakan tidak semua orang sepakat dengan praktek satu agama. Apabila kita tidak menghormati keduanya yang berlainan dengan kita, kemanusiaan juga akan pupus, karena itu kita mesti menghormati keduanya," tandasnya.
(Berita Pak Ahok)

0 Response to "Oops.. Obama Singgung Masalah Toleransi Yang Ada Di Indonesia"

Post a Comment