Korsel Tawarkan Pesawat Jet FA-50 kepada Botswana

 Pesawat Jet FA-50
 Pesawat Jet FA-50 

Korea Aerospace Industries (KAI) Korea Selatan dilaporkan menawarkan pesawat buatannya, FA-50, yang merupakan varian serang ringan dari pesawat latih supersonik T-50, kepada Angkatan Pertahanan Botswana (Botswana Defence Force - BDF) sebagai "akuisisi yang terjangkau dan biaya operasi yang rendah" dibandingkan pesaing Eropa-nya.
Sebagaimana dokumen rahasia yang diperoleh harian Sunday Standard berjudul "FA-50 untuk Angkatan Pertahanan Botswana: Pilihan yang tepat untuk masa depan" tertanggal Mei 2017 menunjukkan bahwa KAI tengah membujuk BDF untuk memilih FA-50 dibanding jet tempur dari pabrikan lainnya terutama dari produsen pesawat tempur Gripen Saab Swedia.
Selain menyoroti efektivitas biaya dalam dokumen tersebut, KAI menyebutkan manfaat lain seperti "kemampuan senjata yang telah terbukti, jalur pelatihan yang efisien dan pelatihan ekstensif untuk operasi ... didedikasikan untuk Botswana Aerospace (Training Human Resource)".
KAI juga berjanji untuk menyediakan BDF "pelatihan analisis media termasuk kunjungan ke pangkalan Angkatan Udara Republik Korea dan studi konsep untuk BDF." Dokumen tersebut juga memberi tahu BDF bahwa "pelatihan FA-50 adalah cara yang tepat untuk pelatihan pilot tempur" dan "FA-50 bisa melakukan misi pelatihan dan tempur." "FA-50 akan menjadi solusi terbaik untuk membangun armada dengan cara yang ekonomis," kata dokumen tersebut.
Menurut laporan tersebut, pejabat pemerintah senior Botswana - mantan Menteri Pertahanan dan Keamanan Ramadeluka Seretse, pendahulunya Shaw Kgathi dan anggota komando tinggi BDF telah mengadakan serangkaian pertemuan dengan pejabat Korea Selatan sejak tahun 2013.
Dari dokumen yang diperoleh, KAI juga menjelaskan perbedaan biaya antara jet-jet tempur. Membandingkan FA-50/T-50 mereka dengan jet tempur Gripen Swedia, Korea Selatan mengatakan bahwa kedua jet tempur tersebut memiliki ukuran yang sama, mesin yang sama dan kinerja yang sebanding, namun biaya siklus hidup pesaing (Gripen) diperkirakan tiga kali lipat dari FA-50 ", kata laporan itu.
Menggambarkan dirinya sebagai "mitra terpercaya untuk Angkatan Pertahanan Botswana," KAI berjanji untuk memberikan BDF pelatihan instructional systems development (ISD) tidak hanya untuk FA-50 tetapi juga untuk pesawat PC-7 dan T-50.

0 Response to "Korsel Tawarkan Pesawat Jet FA-50 kepada Botswana "

Post a Comment