Kapal Selam Baru dan Helikopter AH-64E Apache Guardian Bakal Meriahkan HUT ke-72 TNI

 KRI Nagapasa-403
 KRI Nagapasa-403 

Sejumlah alat utama sistem persenjataan (alutsista) terbaru dan modern akan ditampilkan pada peringatan HUT ke-72 TNI di Cilegon, Banten, 5 Oktober mendatang. Hal itu disampaikan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo saat membuka pertandingan Piala Panglima TNI di lapangan sepak bola Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (8/9/2017).
Gatot menjelaskan, HUT TNI diadakan secara besar setiap dua tahun sekali. Tujuanya adalah melaporkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan seluruh rakyat Indonesia yang telah membiayai serta mempercayai TNI.
"Jadi bukan besar-besaran. Tapi pertanggungjawaban TNI dengan memperlihatkan alutsista yang dimiliki, ini loh TNI sekarang. Bagaimana perkembangan alutsistanya, pasukannya, agar benar-benar mengetahui dan mencintai TNI," ujarnya.
Mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) ini mengatakan, akan ada demonstrasi dari alutsista yang dimiliki TNI. Termasuk alutsista modern yang baru diterima TNI seperti kapal selam KRI Nagapasa-403, PKR 10514, dan sebagainya.
"Alutsista itu untuk apa sih? Pesawat untuk apa, untuk pertempuran di udara. Dari udara nembak ke laut. Angkatan Laut bagaimana juga pertempuran laut juga menembak dari laut ke udara, angkatan darat juga sama. Jadi semua kemampuan itu semaksimal mungkin bisa diperlihatkan," katanya.
Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Alfret Denny Tuejeh mengakui, sejumlah alutsista terbaru milik TNI AD akan tampil dalam peringatan HUT TNI mendatang.
"Semua alutsista terbaru rencananya akan digelar di sana, diikutkan. Contohnya, helikopter Apache mudah-mudahan bisa ditampilkan sebanyak lima unit. Ini masih sedang rapat-rapat. Itu semua yang sudah kita pesan," ujarnya.
Selain Apache, alutsista lainnya yang akan ditampilkan adalah kendaraan pendarat amfibi ringan APV Arisgator buatan Italia. "Tapi berapa yang akan ditampilkan saya belum tahu pastinya," ucapnya.

0 Response to "Kapal Selam Baru dan Helikopter AH-64E Apache Guardian Bakal Meriahkan HUT ke-72 TNI"

Post a Comment