Terjun Penyegaran Yonif Para Raider 328 Kostrad

Terjun Penyegaran Yonif Para Raider 328 Kostrad
Terjun Penyegaran Yonif Para Raider 328 Kostrad 

Sebagai satuan berkualifikasi 'Para', maka setiap prajurit Yonif 328 dituntut dan wajib menguasai teknis dan taktis perorangan di bidang lintas udara sehingga setiap tahun prajuritnya diwajibkan terjun payung. Demikian dikatakan Danyonif Para Raider 328/Kostrad kepada Portal Komando usai pelaksanaan latihan Terjun Penyegaran (Jungar) di Dawuan, Karawang Jawa Barat, Selasa (05/09).
"Sekarang ini kita melatih kemampuan prajurit di bidang lintas udara sehingga equal atau balance antara kemampuan Para dan kemampuan Raider akan tercipta" ujar Bagus Budi Andrianto S.E, M.Si . Dikatakannya lebih lanjut, kegiatan Jungar Yonif 328 merupakan program latihan rutin setiap tahun yang diberikan komando atas, dimana dalam setiap tahun ada dua kali program penerjunan yakni Terjun Penyegaran dan Terjun Taktis.
"Untuk jungar kali ini dibagi menjadi empat sorties dimana sorties pertama dilaksanakan pada pukul 07.00 Wib dan selesai pukul 09.15 wib, semua dengan aman dan lancar. Kegiatan Jungar ini adalah untuk pemanasan sebelum kegiatan Juntis yang akan dilaksanakan pada November mendatang" kata Pasis Seskoad peraih medali dan Piagam Penghargaan Prestasi Terbaik pada tahun 2014 ini.
Kendati dmikian, diakuinya Jungar kali ini ada hal yang harus dievaluasi terutama sikap perorangan mulai dari keluar pesawat, saat payung mengembang hingga mendarat ada beberapa prajurit yang mengabaikan prosedur yang sudah diajarkan sehingga kesalahan berulang terus pada setiap kali penerjunan.
"Hal ini yang harus kita ingatkan bahwa pada saat prajurit di udara untuk tetap fokus dan jangan pasrah pada keadaan angin. Pada saat teori hendaknya diterapkan dengan baik apa yang diajarkan pelatih, ketika berada homebase diterapkan pada saat latihan.
Kepada prajurit kami ingatkan kembali teori-teori bahwa pada saat di udara harus tetap berpedoman pada teori dan patuh pada apa yang disampaikan pelatih" pungkas Danyonif Para Raider 328/Dirgahayu.
Sebanyak 400 Prajurit TNI AD dari Batalyon Infanteri Para Raider 328/Dirgahayu/Kostrad yang bermarkas di Cilodong, Depok melaksanakan Terjun Penyegaran (jungar) Taktis. Dari ketinggian sekitar 1500 kaki, anggota Yonif Para Raider 328 Kostrad diterjunkan dari pesawat Hercules yang terbagi empat korties penerjunan dipimpin langsung oleh Danyonif Para Raider 328/Kostrad, Letkol Inf Bagus Budi Andrianto S.E, M.Si. yang turut serta terjun pada sortie dan run pertama.
Dalam kegiatan yang berjalan aman dan lancar tersebut dibawah peninjauan langsung Komandan Brigade Para Raider 17/Kostrad, Letkol Inf. Riksani Gumay.

0 Response to "Terjun Penyegaran Yonif Para Raider 328 Kostrad"

Post a Comment